Sabtu, 24 Agustus 2013

DASAR PENGOBATAN CHINA



            Teman- teman pasti sudah dengar dan tahu tentang kemanjuran obat-obatan china. Sekilas saya punya beberapa informasi menarik mengenai pengobatan china. Dari informasi ini, kita akan mengetahui perbedaan spesifik antara pengobatan china dan pengobatan medis lainya. Selamat membaca dan Semoga bermanfaat.
            Dalam pandangan pengobatan china, tubuh manusia dipandang sebagai gabungan berbagai bagian yang saling berkaitan. Qi dan aliran darah berfungsi dalam satu kesatuan yang saling berkaitan. Jadi apabila terjadi perubahan pada satu bagian, maka bagian lainnya juga ikut terpengaruh. Diagnose yang dilakukan dalam pengobatan china , melihat tubuh sebagai ssuatu kesatuan. Pemeriksaan luar akan dapat menbantu untuk mengetahui penyakit dalam. Untuk pengobatannya pun akan diperhatikan kaitan antara bagian – bagian terkait.
            Disamping memperhatikan tubuh , adapun factor alami seperti iklim, waktu, lokasi geografis juga turut serta dalam mempengaruhi aktifitas biologis manusia. Hal ini akan menunjukkan hubungan erat antara manusia dan lingkungan.

DELAPAN SINDROM UTAMA
            Sebelum masuk pada intinya, sebelumnya kita perlu tahu mengenai sindrom dan gejala.
            Gejala merupakan perwujudan luar dari suatu penyakit sementara sindrom mengambil pandangan yang lebis luas karena sindrom mempertimbangkan kondisi yang disebabkan oleh penyakit, sifatnya, daerah yang terinfeksi, hubungan dari factor penyebab penyakit dan energi pasien.
            Pengobatan china berfokus pada sindrom bukan gejala, itu sebabnya orang dengan penyakit yang sama berdasarkan pengobatan china akan diberikan obat yang berbeda jika sindromnya berbeda.
            Ini Cuma sekedar pengantar, selanjutnya mari membahas tentang delapan sindrom utama dalam pengobatan china yang saya kelompokkan menjadi empat poin dimana kedua sindrom dalam poin tersebut saling berkaitan erat.

1.      Yin-yang

            Dalam sistem tata surya bulan adalah yin dan matahari adalah yang, sementara dalam sistem manusia yin adalah wanita dan yang adalah pria. Interaksi yang terjadi antara yin dan yang mengakibatkan terjadi perubahan dan adanya perkembangbiakkan. Yin dan yang tak bisa dipisahkan dan mereka juga tak dapat mucul sendiri –sendiri. Keduanya saling menyelaraskan.

a.       Yang (energi vital) meliputi luar, panas dan Kelebihan. Untuk struktur tubuh, yang meliputi tubuh bagian atas ,bagian luar dan bagian belakang yakni jantung, hati, limpa, paru-paru dan ginjal.
b.      Yin( esensi vital) meliputi dalam, dingin dan kekurangan.untuk struktur tubuh ,yin meliputi tubuh bagian bawah ,bagian dalam yakni dada, perut, kantung empedu, usus, dan kandung kemih.

Aplikasinya dalam pengobatan china:
a.       Apabila yin dan yang seseorang seimbang maka kesehatan orang itu baik
b.      Apabila yin dan yang tidak seimbang  maka kesehatan orang itu buruk
·         Yin berlebihan gejalanya :
1.      Pucat
2.      Sensitive pada dingin
3.      Tubuh terasa dingin saat disentuh
4.      Kelelahan
5.      Tidak mudah haus
6.      Lebih suka minuman hangat
7.      Mengeluarkan urin jernih
8.      Kotoran sedikit
·         Yang berlebihan gejalanya:
1.      Muka merah
2.      Mata merah
3.      Tubuh terasa hangat
4.      Mulut kering
5.      Lebih suka air dingin
6.      Urin kuning
7.      Kotoran kering dan keras
c.       Apabila yin dan yang meninggalkan tubuh, maka orang itu menginggal.

Contoh kasus :
Dua orang menderita flu. Si A penyebabnya kelebihan yang maka diberi obat yang bersifat dingin, sementara si B penyebabnya kelebihan yin maka diberi obat yang bersifat panas.


2.      Luar-dalam
Penyakit pada tingkat luar masih muda disembuhkan sementara penyakit yang menyerang ke dalam butuh perhatian lebih untuk dapat disembuhkan.


3.      Dingin –panas
a.       Dingin gejalanya yaitu tungkai dingin, urin jernih dan pucat
b.      Panas gejalanya yaitu muka merah, tubuh hangat, mudah tersinggung dan susah BAB


4.      Kekurangan –kelebihan
a.       Kekurangan ditandai dengan, kurangnya darah dan Qi, kesehatan lemah, kehilangan berat badan, gemetar.
b.      Kelebihdan ditandai dengan, bernapas dengan cepat, mudah marah dan susah BAB.

Tidak ada komentar: