Minggu, 25 Agustus 2013

ILMU QI & HUANG



Bicara tentang ilmu selalu ada sejarahnya, walau ada yang menganggap sejarah membosankan tapi kalau sejarah ilmu yang satu ini pasti menarik.
                Ilmu Qi dan Huang kita kenal sebagai pengetahuan medis tradisional china. Qi dan Huang adalah nama dari dua orang yang berbeda, Huang Di (Kaisar kuning) dan Qi Bo. Huang Di adalah nenek moyang orang tionghoa, pastinya kamu-kamu yang berdarah tionghoa pasti tahu dong… menurut legenda, Huang Di lah yang menemukan obat tradisional china
                Selanjutnya Qi Bo, ia adalah bawahan Huang Di , dan merupakan orang yang terpelajar dalam ilmu pengobatan. Mereka berdualah yang menjadi tokoh pencetus teori medis china dan yang meletakkan dasar bagi pengobatan china. Dengan demikian orang mulai menyebbut kata “ Qi Huang” untuk menyebut ilmu pengobatan china.
                Dalam pengobatan china dikenal “buku klasik pengobatan kaisar kuning”. Buku ini menjadi harta dari ilmu pengobatan china. Buku ini memuat teori dari banyak dokter kuno. Buku ini merupakan kumpulan paling awal yang menjelaskan mengenai fisiologis manusia, penyakit dan perawatnnya, diagnosis, pencegahan dan pemeliharaan kesehatan melalui pemahaman yin-yang dan lima unsure. Buku ini adalah dasar dari teori pengobatan china lainnya.
                Buku ini terdiri dari 18 gulungan dan 162 bab yang isinya terdiri dari dua bagian yakni pertanyaan biasa dank anon akupuntur.
1.       Pertanyaan biasa
a.       Memeriksa pubertas manusia
b.      Hubungan manusia dengan alam
c.       Prinsip dan metode mempertahankan kesehatan
d.      Empat metode diagnosis
e.      Pencegahan dan penyembuhan penyakit
2.       Kanon akupuntur
a.       Memperkenalkan saluran utama, kolateral dan titik  akupuntur dalam tubuh manusia
b.      Hubungan antara pikiran dan penyakit fisik
c.       Menjelajahi bagian luar tubuh manusia dan organ dalamnya
d.      Berbagai tipe tubuh dan kesehatan
e.      Akupuntur
f.        Dll.



PUSTAKA
Chunjiang,Fu.2005. Essence of Traditional Chinese Medicine. Y,N. elex media komputindo. jakarta

Tidak ada komentar: