Minggu, 25 Agustus 2013

QI, DARAH & CAIRAN TUBUH



                Dalam wacana sebelumnya sempat disebut mengenai Qi, tentu kita perlu tahu dong apa itu Qi. Kalau hanya di sebut Qi, tidak semua orang tahu  tapi bagimana jika disebut energi vital?
Kalau disebut energi vital tentunya teman-teman tahu dong…
                Ok, jadi dalam pengobatan china kita kenal sebagi Qi maka dalam keseharian kita kenal sebagai energi vital. Qi, darah dan cairan tubuh merupakan komponen utama yang membentuk dan memelihara tubuh kita. Semua fungsi normal organ tubuh kita bergantung pada ketiga komponen tersebut.
                Langsung aja ya

1.       Qi
                Mekanisme Qi meliputi Peningkatan ,pengurangan dan gerakan Qi . semu itu adalah aksi fisiologis dari Qi . apabila Qi tidak seimbang maka akan menyebabkan timbulnya penyakit. Jika aliran Qi terhalang, maka akan terjadi peningkatan dan pelepasan Qi.


2.       Darah
                Kalau bicara tentang darah tentu tidak asing lagi, karena kita sudah mempelajari materi tentang dari sejak SD. Jadi sekilas saja ya…
                Sirkulasi darah dalam pembuluh darah berfungsi memberikan zat gizi dan melembabkan organ. Fungsi darah memelihara kegiatan fisiologis agar normal. Wajah Nampak berseri-seri bak malaikat turun dari langit. Kan ada tuh lagunya “kau malaikat jatuh dari surga dihadapanku” hehe… rambut berkilau dan otot yang kuat menyatakan sirkulasi darah yang sehat.
                Kalau bicara yang baik-baik, biasanya ada sisi buruknya. Kebalikan yang terjadi adalah gemetar, wajah kusam, rambuut kering, bahkan bisa jadi PDI alias penurunan daya ingat ,jadi sering lupa deh, dan bisa tidak sadarkan diri alias pingsan.


3.       Cairan tubuh
                Kalau bicara tentang cairan tubuh, teman-teman uda pada tahu dong. Jadi aku langsung ke intinya, dimana kaitan cairan tubuh dengan Qi. Cairan tubuh yang berlebihan akan melemahkan Qi. Pada kondisi tertentu, seperti muntah, diare, keringat dingin akan menyebabkan kurangnya cairan tubuh dan saat bersamaan tubuh akan kekurangan Qi dan akan merasakn panas di perut. Jadi cairan tubuh dan Qi harus seimbang tak boleh lebih ataupun kurang.

Tidak ada komentar: