Senin, 23 September 2013

TEH HIJAU & KESEHATAN



Kita semua pasti taka sing lagi dengan green tea. Tapi, tahukah anda, selain memiliki manfaat, green tea juga dapat menyebabkan penyakit.

1.       Teh panas  penyebab kanker tenggorokan
                Selama ini kita sering mengaitkan kanker tenggorokan dengan tabiat merokok dan minuman keras. Namun, minuman panas ternyata turut ambil bagian dalam factor resiko kanker tenggorokan.
                Kajian yang diketuai oleh Reza Malekzadeh dari pusat penelitian penyakit dalam, universitas perobatan sains Teheran, menyatakan bahwa, mereka yang mengonsumsi teh panas beresiko dua kali lebih tinggi untuk mengidap kanker tenggorokan di banding peminum teh hangat.


2.       Dampak kafein dalam teh
                Kadar kafein yang tinggi dalam teh dapat menghambat rantai produksi enzim-enzim dalam alat pencernaan. Dosis tubuh kita dalam menyerap kafein adalah 300 mg/ hari yaitu setara dengan 200 cc. jika kadar kafein  yang diserap tubuh lebih dari 750 mg, maka akan terjadi gangguan pada proses regenerasi sel.
                Berikut ini beberapa siasat agar anda tidak mengonsumsi kafein secara berlebihan:
a.       Jangan pernah meminum the pada saat makan ataupun setelah makan, karena zat gizi yang seharusnya didapat melalui makanan akan dicuri oleh zat stimulant the
b.      Jangan minum the saat perut sedang kosong karena kafein dalam the akan merangsang produksi asam lambung sehingga menyebabkan sakit pada perut.
c.       Sebaiknya jangan mengonsumsi sayuran yang banyak mengandung mineral bersamaan dengan the
d.      Untuk wanita hamil, sebaiknya hindari mengonsumsi the karena kafein dan zat stimulant dalam the bisa merangsang kontraksi rahim dan mengganggu produksi kelenjar ASI serta dapat mengganggu pertumbuhan saraf otak pada bayi.

Tidak ada komentar: